Selasa, 21 April 2015

Bahasa Indonesia Berpeluang Menjadi Bahasa Internasional



Assalamualaikum WR. WB.

Alhamdulillahirabbil‘aalamiinwassolaatuwassalaamu‘alaaassrafil Anbiyaa’iwalmursaliin wa ‘alaa alihi wa ashabihi azma’iin

Yang saya hormati para hadirin pembaca blogspot,
Yang saya hormati bapak-bapak dan ibu-ibu sekalian,
Dan Yang saya banggakan saudara saudari yang mau ikut lomba.

Pertama-tama mari kita ucapkan puja dan puji syukur kehadirat Allah Swt yang tetap senantiasa melimpahkan taufik dan hidayah, rahmat dan nikmatnya kepada kita semua, baik itu nikmat kesehatan maupun nikmat kesempatan, sehingga kita masih dapat berkumpul bersama di ruangan yang kita dambakan ini.
Kemudian selawat serta salam tak jemu-jemunya kita sanjungkan keharibaan junjungan Nabi Besar Muhammad Saw. Beserta  keluarga dan para sahabatnya sekalian. (shalawat)

Baik lah saya disini bukan hanya untuk memperpanjang muqadimah.
Adapun topik dalam pembahasan saya kali ini yaitu “BAHASA INDONESIA BERPELUANG MENJADI BAHASA INTERNASIONAL”

Jadi, bahasa indonesia mulanya adalah bahasa melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi republik indonesia yang kita kenal sebagai bahasa pemersatu bangsa indonesia yang  diresmikan penggunaannya setelah proklamasi kemerdekaan indonesia, tepatnya sehari sesudahnya bersamaan dengan mulai berlakunya konstitusi. Di timor leste bahasa indonesia berstatus sebagai bahasa kerja.
          Pada zaman dahulu lebih tepatnya pada zaman kerajaan sriwijaya bahasa melayu banyak digunakan sebagai penghubung antar suku di pelosok nusantara. Selain itu bahasa melayu juga digunakn sebagai bahasa perdagangan antara pedagang dalam nusantara mauppun dari luar nusantara. Dasar yang dipakai adalah bahasa melayu riau (wilayah kepulauan riau sekarang) dari abad ke 19. Dalam perkembangannya ia mengalami perubahan akibat penggunaannya sebagai bahasa kerja dilingkungan administrasi kolonial dan berbagai proses pembakuan sejak awal abad ke-20. Penamaan “bahasa indonesia” di awali di canangkannya sumpah pemuda 28 oktober 1928 , untuk menghindari kesan “imperialisme bahasa” apabila nama bahasa melayu tetap digunakan. Hingga saat ini, bahasa indonesia merupakan bahasa yang hidup, yang terus menghasilkan kata-kata baru, baik melalui penciptaan maupun penyerapan dari bahasa daerah dan bahasa asing.
Fonologi dan tata bahasa indonesia dianggap relatif mudah. Dasar-dasar yang penting untuk komunikasi dasar dapat dipelajari hanya dalam kurun waktu beberapa minggu.
          Disamping sejarah bahasa indonesia yang sudah saya jelaskan tadi, Saya pernah mebaca suatu artikel mengenai bahasa indonesia yang menjelaskan tentang kelayakan bahasa indonesia untuk lanjut ke jenjang internasional, seperti yang dikatakan oleh Direktur Jendral Informasi dan Diplomasi Publik Departemen  Luar Negeri Andri Hadi yang menyatakan “saat ini ada 45 negara yang ada mengajarkan bahasa indonesia, seperti Australia, Amerika, Kanada, Vietnam, dan banyak negara lainnya”. Mengambil contoh Australia, Andi Hadi menjelaskan, di Australia bahasa indonesia menjadi bahasa populer keempat. Ada sekitar 500 sekolah mengajarkan bahasa indonesia. Bahkan anak-anak kelas 6 sekolah dasar tidak sedikit yang bisa berbahasa indonesia.
          Saya juga sering membaca artikel-artikel mengenai kemajuan positif bahasa indonesia yang lainnya dari berbagai sumber, saya mendapatkan alasan-alasan lain yang dapat menguatkan keyakinan kita bahwa  “bahasa indonesia layak”. selain dari populer di australia, saya pernah mendapat kabar dari berbagai sumber yang mengatakan : pusat studi indonesia di afrika, menjadi bahasa pilihan di situs klub sepak bola, bahkan bahasa indonesia ternyata sudah terbilang lama ada di jepang.

  • Pertama, tentang pusat studi di Afrika, salah satu negara di benua Afrika, yaitu mesir tercatat sebagai negara yang paling utama mengembangkan bahasa indonesia. Negara piramid dan sphinx ini baru saja membangun pusat studi indonesia, pusat studi ini berada di Suez Canal University, dan merupakan langkah awal untuk lebih mendalami Indonesia dari semua aspek, mencakup ideologi, politik, sosial dan budaya, ekonomi dan pertahanan keamanannya.

  • Kedua, tentang menjadi bahasa pilihan di situs klub sepak bola. Juventus, intermilan, dan AC milan telah meluncurkan situs resmi mereka dalam bahasa indonesia, hal itu menunjukkan kalau italia juga memiliki minat mendalam terhadap bahasa indonesia.

  • Dan yang ketiga, tentang lama di Jepang, di negara matahari terbit ini sudah lama didirikan pusat-pusat studi Indonesia. Salah satunya yang didirikan oleh Nihon-Indonesia Gakkai atau perhimpunan pengkaji Indonesia seluruh Jepang tahun 1969. Dan anggota organisasi ini terdiri dari kalangan akademis Jepang yang mengajar bahasa dan berbagai aspek tentang Indonesia di berbagai Universitas di Jepang. Sejak tahun 1992 organisasi ini mulai melakukan ujian kemampuan bahasa indonesia. Sampai sekarang tercatat lebih dari 12.500 peserta yang telah mengikuti tes kemampuan berbahasa indonesia dalam berbagai level atau tingkatan. Bahkan saat ini ada beberapa Universitas di Jepang yang membuka jurusan Bahasa Indonesia, antara lain Universitas Kajian Asing Tokyo, Universitas Tenri, Universitas Kajian Asing Osaka, Universitas Sango Kyoto, dan Universitas Setsunan. Sementara yang mengajarkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah pilihan ada lebih dari 20 perguruan tinggi Jepang.

Nah.. dengan uraian tadi kita sudah tahu kehebatan bahasa tanah air kita, jadi tidak ada kata mustahil kalau bahasa Indonesia itu sangat berpeluang menjadi bahasa GO INTERNASIONAL.
Karena setahu saya  bahwa bahasa Indonesia itu ternyata sudah menjadi bahasa yang diprioritaskan di Vietnam, buktinya Negara Vietnam sudah sangat menghargai bahasa keren kita ini dengan menjadikannya sebagai bahasa resmi kedua setelah bahasa Vietnam sejak tahun 2007.
Bahasa tanah air kita ini juga termasuk bahasa yang mendapatkan peringkat ke 7 dari 10 bahasa yang paling banyak digunakan di Dunia, bagaimana tidak, soalnya bahasa kebanggan kita ini sudah mencapai jumlah penutur yang luar biasa yaitu sekitar 259 juta jiwa penutur dengan jenis aksara Latin, dan yang termasuk sebagai Negara penuturnya adalah Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Timor Timur, Thailand, Vietnam dan ASEAN.

Dari awal hingga akhir penjabaran saya tadi, saya dapat menyimpulkan bahwa ini Lho bahasa kita, bahasa tanah air dan bahasa kebanggaan kita sebenarnya sejak dulu sudah layak benar benar layak untuk kita tuntun agar menjadi bahasa INTERNASIONAL,karena bukan hanya di Indonesia tetapi juga di Dunia. Jadi, itu artinya tidak ada lagi alasan kita untuk menyepelekan bahasa Indonesia karena sudah begitu banyak bukti. Apa lagi tidak lama lagi pemerintah berencana akan diselenggarakannya Pasar Bebas di Tanah Air kita ini. Maka otomatis kita akan mengetahui jika nantinya akan banyak Warga Negara Asing menggunakan bahasa Indonesia.
Maka dari itu dengan bukti-bukti yang sudah sangat jelas, jangan pernah lagi kita untuk gengsih dengan bahasa Indonesia, janganlah kita hanya mengapresiasikan bahasa Internasional kita yang sekarang karena bahasa In donesia kita jauh lebih keren dibanding bahasa Inggris yang selama ini pemuda pemudi banggakan.

Baiklah, cukup sampai disini penyampaian dari penyampaian saya, lebih dan kurang saya sangat mohon maaf, karena segala yang baik hanya milik Allah dan segala kesalahan pastinya asli dari saya sendiri.
Akhirulkalam Alhamdulillahhirobbilalamin.
Billahitaufikwalhidayah Wassalamualaikum Wr. Wb.

(pembahasan ini saya susun sendiri tanpa ada kopy paste)

~dari berbagai sumber~

Jangan Lupa Di G+ kan ya saudara saudari :)
maaf kalau masih berserak kata katanya, maklum masih ababil :)
Baca juga artikel saya yang lainnya ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar